6 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

 Pertumbuhan anak dapat terjadi secara optimal dengan memperhatikan beberapa hal. Faktor yang mempengaruhinya yaitu sistem pencernaan yang sehat sehingga menjadikan sistem imun kuat. Nutrisi yang masuk ke anak berpengaruh pada mikroba yang berperan dalam imunitas. Simak cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya berikut!

1. Mengonsumsi Susu Pertumbuhan

Susu sangat berperan penting dalam pertumbuhan anak. Selain untuk pertumbuhan, susu yang dikonsumsi ini mengandung probiotik yang mampu menghadirkan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik dalam usus membantu mencegah kemungkinan penyakit yang menyerang tubuh. Sehingga anak menjadi kuat terhadap serangan penyakit.

Selain itu, konsumsi susu juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan secara mekanik. Makanan yang dicerna menjadi mudah untuk diproses sehingga tidak memberatkan kerja organ pencernaan untuk mencernanya. Pengeluaran feses juga lebih mudah dan tidak merasa sakit karena teksturnya lunak.

2. Memberikan Makanan Tinggi Serat

Anak-anak setiap harinya perlu mendapatkan lemak sekitar 19 gram hingga 25 gram. Makanan yang mengandung banyak serat antara lain buah pir, apel, dan segala jenis kacang yang tidak menimbulkan alergi. Buah Raspberry dapat dijadikan pilihan karena memiliki kandungan serat yang dikandung dalam buah apel.

3. Memberikan Banyak Cairan

Anak yang diberikan banyak makanan berserat juga harus diimbangi dengan memberikan cairan. Cairan ini untuk menghidrasi tubuh bayi, terutama saluran pencernaannya. Banyak cairan akan mencegah bayi dehidrasi dan membantu memperlancar sistem pencernaan pada bayi. Sehingga pencernaannya menjadi sehat dan sistem imun menjadi meningkat.

4. Sesekali Memberikan Yoghurt

Meskipun bukan kategori makanan yang mengandung serat tinggi, tapi makanan ini juga dapat memperlancar pencernaan bayi. Hal ini karena yoghurt memiliki kandungan probitoik. Probitoik merupakan bakteri baik yang dapat membantu proses pencernaan pada usus. Usus disebut sebagai organ yang sangat berpengaruh pada sistem imun anak.

5. Memberikan Makanan Bernutrisi

Anak harus diberikan makanan yang bernutrisi dan menyehatkan untuk membantu pertumbuhannya. Makanan yang bernutrisi seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan makanan yang bisa dikonsumsi anak. Jangan berikan makanan cepat saji atau junk food karena dapat membuat anak obesitas atau lainnya. selain itu, anak menjadi tak berselera makan sehat.

6. Sesekali Memberikan Makanan Favorit

Berikan makanan yang sesuai usianya dan makanan kesukaannya sesekali. Cara ini akan membuat suasana hati anak senang sehingga perasaan senangnya membuat ia senang beraktivitas. Anak yang aktif menunjukkan anak yang sehat secara fisik dan sistem imunnya yang kuat. Sehingga anak tidak akan mudah terserang penyakit.

itulah cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya. Selain itu, jika memberikan susu sebaiknya dilihat terlebih dahulu riwayat alerginya. Jangan sampai anak alergi susu sapi dan ibu tidak mengetahuinya. Sesuaikan asupan susu dengan kondisi anak. Begitupun dengan makanan lainnya yang dapat menimbulkan alergi seperti kacang.