8 Makanan Alami Untuk Mencegah Penyakit Autoimun

8 Makanan Alami Untuk Mencegah Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun merupakan kondisi dimana sistem imun menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri padahal sistem imun bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Penyakit autoimun dapat menyerang seluruh organ tubuh bahkan terdapat 80 jenis penyakit yang tergolong sebagai penyakit autoimun.

Makanan yang Dianjurkan Untuk Mencegah Penyakit Autoimun

Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit autoimun sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit autoimun dari awal. Untuk menjaga kesehatan tubuh, terdapat anjuran makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit autoimun bahkan dapat juga dikonsumsi bagi penderita agar cepat sembuh.

  1. Kelapa

Kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti virus karena mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bagus bagi penderita autoimun. Pilihlah kelapa segar dan diminum tanpa gula karena gula harus dihindari oleh penderita autoimun. Kelapa sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

  1. Asparagus

Asparagus merupakan makanan untuk penderita autoimun karena memiliki kandungan vitamin A, C, serat, dan folat dimana kandungan glutathione pada asparagus sangat bagus untuk mengatasi penyakit autoimun dan berguna untuk melawan kanker dan pembengkakan.

  1. Sayuran umbi bakar

Anda dapat mengonsumsi sayuran umbi bakar seperti wortel dan lobak karena nutrisi yang terkandung di dalamnya baik untuk mencegah penyakit autoimun bahkan dapat mengatasi penyakit inflamasi seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi bayam, aprikot, labu, dan kale.

  1. Teh herbal

Beberapa jenis teh seperti teh hijau dan teh hitam mengandung senyawa yang bermanfaat bagi penderita penyakit autoimun yaitu katekin, flavonoid, dan theaflavin. Konsumsi dengan cara menyeduh teh dan jangan mencampurnya dengan gula.

  1. Jahe

Jahe memang sudah dikenal dapat menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Jahe dapat membantu mencegah peradangan karena menghambat prostaglandin, menurunkan sitokin dan memproduksi kemokin sehingga cocok untuk penderita autoimun.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki banyak nilai gizi tinggi yang kaya akan vitamin K, C, E, dan B6 yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Alpukat rendah kolestrol dan karbohidrat, mengandung serat sehingga cocok dikonsumsi penderita autoimun.

  1. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan quercetin dimana kandungan tersebut dapat mengurangi reaksi alergi dan pembengkakan yang merupakan gejala penyakit autoimun. Selain apel, anda juga bisa mengonsumsi anggur merah, buah beri, dan bawang merah yang juga mengandung quercetin.

  1. Telur

Telur merupakan makanan bernutrisi yang diperlukan oleh tubuh, mengandung zat besi, vitamin A, D, E, dan K. Namun banyak yang menghindari telur karena takut akan kolestrol dan menambah berat badan namun jika dikonsumsi secara tepat akan menjaga kesehatan tubuh bahkan baik bagi kesehatan mata, otak, organ hati, dan kulit bahkan dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit autoimun.

Releated

Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat untuk Wanita

Ini Dia 4 Tips Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Sangat penting bagi kita untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, pola hidup yang sehat selalu membuahkan hal-hal yang positif terutama bagi kesehatan tubuh kita. Ya, dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, tentu kita tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Meski menerapkan gaya hidup yang sehat itu tidaklah sulit, namun pada […]

Pastikan Kopi Anda Tidak Menyababkan Hipertensi

Pastikan Kopi Anda Tidak Menyebabkan Hipertensi

Untuk mendapatkan tekanan darah normal, perlu sebuah perhatian yang khusus dan berkelanjutan. Mempertahankan tekanan darah normal bisa berarti sebagai bagian untuk hidup sehat dan meminimalisir berbagai penyakit yang mengerikan, seperti stroke, gangguan jantung dan lain sebagainya. Salah satu kelainan pada tekanan darah tidak normal ialah tekanan darah yang berlebihan. Tekanan darah yang berlebihan ini biasa […]