Kapan Jadwal Servis Mobil Berkala yang Tepat?

Kapan Jadwal Servis Mobil Berkala yang Tepat?

Setiap pemilik mobil baru biasanya diwajibkan untuk servis berkala ataupun perawatan meskipun tidak terdapat kerusakan. Terkadang kerusakan bahkan sudah terjadi namun tidak disadari sehingga servis berkala sangatlah penting. Servis juga dapat menjaga kondisi mesin mobil agar tetap awet serta menjaga agar mobil tidak mengalami kerusakan yang parah. Namun banyak orang yang masih belum memahami kapan harus melakukan servis dan pemeriksaan mobil.

Macam-Macam Servis Mobil

Servis mobil disarankan untuk dilakukan secara berkala untuk menjaga kondisi mobil tetap prima dan awet agar bisa bertahan lama hingga bertahun-tahun lamanya. Banyak yang mengabaikan hal ini namun pada akhirnya mobil mengalami kerusakan.

Pemilik mobil akhirnya terpaksa membawa mobil untuk diservis yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena kerusakan yang parah akibat tidak pernah melakukan servis berkala. Jangan sampai mobil terlanjur rusak barulah diservis. Anda dapat melakukan servis mobil berkala sesuai dengan jarak tempuh mobil.

  1. Servis mobil 1.000 km

Umumnya pemeriksaan pertama kali dilakukan apabila mobil sudah mencapai jarak tempuh 1.000 km. Pengecekan mobil baru pada 1.000 km pertama tidaklah banyak umumnya hanya berupa pembersihan dan pengecekan komponen mesin seperti oli-oli mesin apakah ada yang kurang atau bocor.

Mobil baru umumnya masih minim penggantian sehingga umumnya hanya dilakukan pengecekan seperti pembersihan filter udara, pengecekan tekanan angin, sistem kemudi, aki, idle mesin, dan baut pada roda. Pemeriksaan saat 1.000 km sebagai pencegahan saja agar mobil tidak mendadak mengalami kerusakan karena kelalaian.

  1. Servis mobil 5.000 km

Biasanya pemilik mobil akan kembali melakukan servis mobil setelah menempuh jarak 5.000 km. Setelah 5.000 km atau sekitar 3-4 bulan biasanya terdapat beberapa komponen yang harus diganti salah satunya yaitu oli pada mesin yang disarankan untuk diganti. Selain oli, bagian sistem steering, kampas rem, hingga cairan lainnya pada mobil juga akan dilakukan pengecekan apakah harus diganti. Biasanya filter oli akan diganti bersamaan dengan oli mesin agar sirkulasi tetap terjaga.

  1. Servis mobil 10.000 km

Servis mobil yang dilakukan apabila mobil sudah menempuh jarak 10.000 km akan lebih banyak. Masa pakai mobil umumnya sudah sekitar 6 bulan untuk menempuh jarak 10.000 km. Pengecekan akan dilakukan lebih detail mulai dari rem di keempat roda, penggantian oli transmisi dan oli mesin. Rotasi ban menyilang, balancing, dan spooring juga akan dilakukan guna menjaga keawetan mobil.

  1. Servis mobil 15.000 km

Servis selanjutnya yaitu saat sudah menempuh jarak 15.000 km. Komponen pengecekan umumnya sama dengan komponen pengecekan yang dilakukan pada 5.000 km yaitu penggantian oli mesin, fluida dan minyak-minyak, suspensi seperti pada servis 1.000 km, dan pengecekan air radiator. Servis ini biasanya selalu dilakukan pada kelipatan berikutnya yaitu 15.000 km, 25.000 km, 45.000 km, dan seterusnya.

  1. Servis mobil 20.000 km

Mobil yang sudah mencapai masa pakai hingga 1 tahun atau memiliki jarak tempuh 20.000 km wajib untuk melakukan servis mobil. Pengecekan akan dilakukan lebih menyeluruh bahkan komponen yang dibersihkan juga akan semakin banyak karena sudah terjadi penumpukan debu dan kotoran yang dapat merusak mesin dan menurunkan kinerja mobil.

Maka dari itu servis 20.000 km yang dilakukan akan relatif lebih lama dan membutuhkan biaya yang lebih besar tergantung apakah terdapat komponen yang diganti serta merk mobil dan tempat servis mobil. Umumnya servis 20.000 km hampir mirip pada servis 1.000 km namun masih terdapat sedikit perbedaan.

Servis pada 20.000 km merliputi pembersihan saringan udara, kalibrasi idle, penggantian busi, rotasi ban menyilang, balancing, dan spooring, pembersihan throttle body, pengecekan dan penyetelan klep, pengecekan rem pada semua roda, dan penggantian filter ac. Biasanya hingga servis 1 tahun masih akan mendapatkan garansi mobil baru namun setelah di atas 1 tahun maka akan dikenakan biaya sesuai dengan servis yang dilakukan.

Untuk memudahkan perawatan berkala mobil, bisa langsung booking jadwal melalui Otomall.id. Otomall menawarkan biaya servis mobil berkala yang murah dibandingkan bengkel resmi dan bengkel umum. Otomall sudah bekerja sama dengan lebih dari 70 bengkel terbaik di Jabodetabek yang akan memberikan pelayanan dan penawaran harga menarik. Anda bahkan bisa menghemat hingga 30% apabila booking servis mobil di Otomall.id.

Releated

Kriteria Penting Perusahaan Asuransi di Jakarta Terbaik

5 Kriteria Penting Perusahaan Asuransi di Jakarta Terbaik

Saat ini terdapat banyak perusahaan asuransi di Jakarta yang masih terus berjalan dan berkembang hingga saat ini. Hal ini karena kesadaran masyarakat yang semakin meningkat akan pentingnya memiliki asuransi sejak dini sebagai perlindungan di masa depan. Produk yang disediakan perusahaan asuransi juga bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kriteria Perusahaan Asuransi Terbaik Untuk mendapatkan […]

Ini 7 Keuntungan Jasa Servis Mobil Panggilan, Sudah Tahu?

Ini 7 Keuntungan Jasa Servis Mobil Panggilan, Sudah Tahu?

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang juga banyak dimiliki oleh masyarakat. Tak heran karena bepergian menggunakan mobil lebih terasa nyaman karena terhindar dari hujan maupun panas. Karena intensitas penggunaannya itulah, servis mobil menjadi hal yang tak boleh luput dari perhatian si pemilik. Rutin menservis mobil rupanya mendatangkan banyak keuntungan, seperti memperpanjang umur kendaraan, meningkatkan performa […]