Sistem Print Kain yang Paling Umum Digunakan

Sistem Print Kain yang Paling Umum Digunakan

Saat ini sudah banyak jasa print kain yang dapat melayani pembuatan cetak kain sesuai dengan corak dan warna sesuai keinginan. Bahan kain juga dapat dipilih yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya jasa print kain memiliki cara cetak yang umum digunakan.

Sistem yang Digunakan Untuk Print Kain

Terdapat cara dan sistem print kain yang berbeda-beda untuk penyesuaian jenis kain, model cetak, atau keinginan konsumen. Jasa print kain biasanya akan menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan anda. Berikut sistem print kain yang paling umum digunakan untuk mencetak pola dan corak pada kain :

  1. Sistem Sublime

Proses menggunakan sistem cetak kain merupakan metode yang paling sering digunakan oleh jasa print kain. Sistem ini akan menggunakan suatu kertas khusus sebagai media untuk mentransfer tinta kemudian kertas akan di press pada kain dengan tingkat tertentu. Sistem ini bisa menggunakan mesin press khusus untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan.

Biasanya pada mesin, terdapat sistem roll to roll yang memungkinkan bagian head press untuk bekerja dalam sistem mencetak gulungan kain dengan ukuran panjang lebih dari 10 meter. Hal ini memungkinkan mesin untuk mencetak dalam skala besar yang biasanya akan lebih menghemat biaya produksi.

Sayangnya terdapat kekurangan pada sistem ini yaitu sistem sublime hanya dapat digunakan pada kain polos saja dan tidak dapat digunakan pada kain bermotif. Contohnya penggunaan satu warna saja seperti kain warna hitam, putih, dan lain-lain.

  1. Sistem Hand Press

Sistem Hand Press sering digunakan pada jenis kain kaos seperti bahan kain 20s dan kain 30s. Dengan menggunakan sistem ini, proses cetak kain tidak perlu lagi menggunakan lembaran kain seperti kain polyester yang biasanya digunakan dalam proses cetak kain menggunakan sublimasi polyester. Namun sistem ini hanya dapat mencetak kain dengan ukuran panjang area yang terbatas.

  1. Sablon

Sistem cetak kain yang juga umum digunakan yaitu dengan menggunakan tinta sablon bahkan orang-orang lebih mengenal sablon daripada sistem yang lain. Biasanya warna tinta yang akan digunakan tidak akan mudah bercampur dengan warna dasar kain yang digunakan sehingga warna tinta sablon akan terlihat lebih jelas.

Sablon tidak lagi menggunakan tipe warna CMYK membuatnya dapat menghasilkan warna yang jelas di atas kain. Hal ini yang membuat orang-orang menyukai print kain dengan tinta sablon karena warna yang tidak akan tercampur dengan warna kain dan mampu menutupi warna kain sepenuhnya.

Sebenarnya masih banyak sistem yang digunakan dalam proses print kain namun sistem inilah yang paling sering digunakan oleh jasa cetak kain. Tentunya masing-masing metode memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang sedang dicari dan dapat dipilih berdasarkan jenis kain yang akan dicetak.

Releated

Stimulasi yang Tepat Selama Masa Pertumbuhan Anak

Stimulasi yang Tepat Selama Masa Pertumbuhan Anak

Peran orang tua dalam mendukung masa pertumbuhan anak sangat penting terutama di masa 1-5 tahun yang merupakan masa-masa tumbuh kembangnya. Peran orang tua yang dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan optimal di periode emasnya. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Tanpa stimulasi yang tepat, anak akan sulit tumbuh menjadi […]

Jenis Jenis Sabun Mandi Batang

Jenis Jenis Sabun Mandi Batang

Berbicara tentang mandi tentu tidak lepas dari sabun dan segala jenisnya. Salah satunya sabun mandi batang, mungkin kalian sudah tahu tentang sabun mandi ini karena sudah sangat populer dan sangat digemari. Sabun mandi batang ini juga memiliki banyak banget jenisnya yang membedakan adalah tekstur dan kegunaanya masing-masing, ada yang berfungsi untuk jerawat dan ada juga […]