Sistem Print Kain yang Paling Umum Digunakan

Sistem Print Kain yang Paling Umum Digunakan

Saat ini sudah banyak jasa print kain yang dapat melayani pembuatan cetak kain sesuai dengan corak dan warna sesuai keinginan. Bahan kain juga dapat dipilih yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya jasa print kain memiliki cara cetak yang umum digunakan.

Sistem yang Digunakan Untuk Print Kain

Terdapat cara dan sistem print kain yang berbeda-beda untuk penyesuaian jenis kain, model cetak, atau keinginan konsumen. Jasa print kain biasanya akan menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan anda. Berikut sistem print kain yang paling umum digunakan untuk mencetak pola dan corak pada kain :

  1. Sistem Sublime

Proses menggunakan sistem cetak kain merupakan metode yang paling sering digunakan oleh jasa print kain. Sistem ini akan menggunakan suatu kertas khusus sebagai media untuk mentransfer tinta kemudian kertas akan di press pada kain dengan tingkat tertentu. Sistem ini bisa menggunakan mesin press khusus untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan.

Biasanya pada mesin, terdapat sistem roll to roll yang memungkinkan bagian head press untuk bekerja dalam sistem mencetak gulungan kain dengan ukuran panjang lebih dari 10 meter. Hal ini memungkinkan mesin untuk mencetak dalam skala besar yang biasanya akan lebih menghemat biaya produksi.

Sayangnya terdapat kekurangan pada sistem ini yaitu sistem sublime hanya dapat digunakan pada kain polos saja dan tidak dapat digunakan pada kain bermotif. Contohnya penggunaan satu warna saja seperti kain warna hitam, putih, dan lain-lain.

  1. Sistem Hand Press

Sistem Hand Press sering digunakan pada jenis kain kaos seperti bahan kain 20s dan kain 30s. Dengan menggunakan sistem ini, proses cetak kain tidak perlu lagi menggunakan lembaran kain seperti kain polyester yang biasanya digunakan dalam proses cetak kain menggunakan sublimasi polyester. Namun sistem ini hanya dapat mencetak kain dengan ukuran panjang area yang terbatas.

  1. Sablon

Sistem cetak kain yang juga umum digunakan yaitu dengan menggunakan tinta sablon bahkan orang-orang lebih mengenal sablon daripada sistem yang lain. Biasanya warna tinta yang akan digunakan tidak akan mudah bercampur dengan warna dasar kain yang digunakan sehingga warna tinta sablon akan terlihat lebih jelas.

Sablon tidak lagi menggunakan tipe warna CMYK membuatnya dapat menghasilkan warna yang jelas di atas kain. Hal ini yang membuat orang-orang menyukai print kain dengan tinta sablon karena warna yang tidak akan tercampur dengan warna kain dan mampu menutupi warna kain sepenuhnya.

Sebenarnya masih banyak sistem yang digunakan dalam proses print kain namun sistem inilah yang paling sering digunakan oleh jasa cetak kain. Tentunya masing-masing metode memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang sedang dicari dan dapat dipilih berdasarkan jenis kain yang akan dicetak.

Releated

Mengenal Macam-Macam Bunga Puring

Mengenal Macam-Macam Bunga Puring

Mengenal Macam-Macam Bunga Puring. Bagi kmu yang mempunyai hobi menanam bunga, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya puring. Bunga puring adalah salah satu tanaman hias yang paling diburu oleh pecinta tanaman. Banyak orang ingin memiliki jenis tanaman ini sebagai usaha untuk penghijauan untuk hunian rumah. Dilihat dari fisiknya, bentuk dan warna daun puring sangat […]

Gunny Straps Store dan Beberapa Keunggulan Dari Store Lain

Gunny Straps Store Terpercaya dan Berkualitas

Gunny straps bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda untuk menemukan tali jam tangan yang anda inginkan. Dalam hal ini, gunny store memberikan anda banyak pilihan. Sehingga tidak perlu bingung, anda bisa menemukan berbagai tali jam tangan dengan model dan kualitas yang beragam. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda tentunya. Saat ini, kemajuan […]