Stimulasi yang Tepat Selama Masa Pertumbuhan Anak

Stimulasi yang Tepat Selama Masa Pertumbuhan Anak

Peran orang tua dalam mendukung masa pertumbuhan anak sangat penting terutama di masa 1-5 tahun yang merupakan masa-masa tumbuh kembangnya. Peran orang tua yang dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan optimal di periode emasnya.

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Tanpa stimulasi yang tepat, anak akan sulit tumbuh menjadi apa yang orang tua inginkan yaitu anak yang sehat dan cerdas. Stimulasi bukan harus melewati pendidikan formal karena mulai dari kecil sebelum anak sekolah, anak sudah boleh diberikan stimulasi yang tepat untuk merangsang tumbuh kembang si kecil baik itu dalam aspek kesehatan, motorik, kognitif, bahasa, dan sosialisasi. Terdapat banyak aktivitas yang bisa diberikan kepada si kecil untuk mendukung pertumbuhannya.

  1. Belajar mengenal huruf, warna dan bentuk

Anda bisa mengajarkan anak untuk mengenal huruf, warna, dan bentuk mulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Ibu bisa menggunakan kartu bergambar atau yang memiliki angka untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Berikan mainan yang memiliki bentuk beragam dan biarkan anak menyusunnya sesuai dengan bentuknya di tempat khusus. Sudah terdapat banyak mainan yang berhubungan dengan huruf, warna, dan juga bentuk untuk stimulasi si kecil.

  1. Menyusun puzzle atau balok

Bermain permainan menyusun baik puzzle maupun balok dapat meningkatkan konsentrasinya dan juga menstimulasi kemampuan motorik, kognitif, dan sosialisasi. Anda bisa memilih tingkat kesulitan puzzle dan balok sesuai dengan usianya mulai dari yang sederhana terlebih dahulu kemudian ditingkatkan menjadi yang lebih sulit agar masa pertumbuhan anak lebih optimal.

  1. Mandi bola

Mandi bola dapat meningkatkan kemampuan motorik dan juga sosialisasi anak. Anak akan belajar memegang bola-bola yang ada disekelilingnya. Ia juga akan melihat dan membedakan warna-warna bola tersebut serta melemparkannya sehingga meningkatkan kemampuan motoriknya. Anak juga akan berkomunikasi dengan anak-anak lainnya yang juga sedang mandi bola sehingga meningkatkan kemampuan sosialisasinya.

  1. Menggambar dan mewarnai

Menggambar dan mewarnai bisa menjadi aktivitas untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan motorik anak. Anak akan belajar memegang pensil, penghapus, alat warna, dan perlengkapan menggambar lainnya. imajinasi anak juga akan diasah seiring anak menggambar dan mewarnai meskipun masih belum terlalu mahir.

  1. Memainkan alat musik

Belajar alat musik apa saja juga dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Untuk anak yang masih kecil, ibu bisa membelikan mainan alat musik dan lihat minat anak terhadap alat musik yang disukainya. Kemudian saat dewasa, anak juga akan menjadi tahu minatnya di bidang musik.

Dalam mendukung tumbuh kembangannya di masa pertumbuhan anak pada usia 1-5 tahun, ibu juga harus memperhatikan nutrisi si kecil. Nutrilon Royal 3 untuk umur 1-3 tahun dan Nutrilon Royal 4 untuk umur 3-6 tahun mengandung prebiotik, Omega 3, Omega 6, zat besi, vitamin C dan E, dan kandungnan nutrisi lainnya yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Releated

Jenis Jenis Sabun Mandi Batang

Jenis Jenis Sabun Mandi Batang

Berbicara tentang mandi tentu tidak lepas dari sabun dan segala jenisnya. Salah satunya sabun mandi batang, mungkin kalian sudah tahu tentang sabun mandi ini karena sudah sangat populer dan sangat digemari. Sabun mandi batang ini juga memiliki banyak banget jenisnya yang membedakan adalah tekstur dan kegunaanya masing-masing, ada yang berfungsi untuk jerawat dan ada juga […]

Menjaga Stok Pangan di Tengah Covid-19

Menjaga Stok Pangan di Tengah Covid-19

Untuk tetap bisa bertahan menghadapi pandemi COVID-19, dibutuhkan pola konsumsi dan manajemen stok bahan makanan yang baik. Hal ini penting supaya stok bahan makanan yang sudah dibeli bisa memenuhi kebutuhan sesuai jadwal yang sudah dibuat dan memastikan makanan tidak mudah busuk atau rusak. Manajemen stok makanan yang baik, juga membuat Anda tidak harus terlalu sering […]